Tags

, , , ,

Jika Anda yang pernah melakukan instalasi distro-distro linux, mungkin dulu ketika Anda telah selesai melakukan instalasi, kita akan dihadapkan ke tahap mengupdate distro tersebut secara online untuk mendapatkan perbaikan-perbaikan dari bugs-bugs yang ada di versi sebelumnya.

Anda sendiri pasti tahu seberapa besar update-an yang harus didownload ketika pertama kali Anda melakukan fresh install? Ya rata-rata sekitar 300 Mb sampai 600 Mb atau bahkan lebih file-file yang kita butuhkan untuk di update. Ditambah lagi dengan koneksi internet kita yang terbilang speednya sangat pas-pasan, bisa suntuk kita dibuatnya untuk menunggu update-an tersebut selesai.

Untuk meminimalisir pengerjaan tersebut yang membosankan, saya akan kenalkan sebuah software yang bernama MinimalCD. Meskipun tetap waktu menginstal menggunakan MinimalCD ini dilakukan secara online, tp hal ini bisa menghemat waktu kita dan tidak membosankan untuk menunggu proses instalasi sampai selesai.

MinimalCD ini akan mendownload paket dari arsip-arsip secara online pada waktu proses instalasi (jadi bukannya untuk mengumpulkan dulu paket-paket yang diperlukan untuk nantinya dibakar ke CD dan di instal secara manual). Manfaatnya, kita bisa mengurangi ukuran file yang didownload menjadi sekitar antara 5 Mb – 30 Mb tergantung dari arsitekturnya. Penghematan waktu download menggunakan MinimalCD ini dicapai dengan signifikan, karena paket-paket yang didownload hanya paket-paket yang diperlukan pada saat itu.

File iso dari MinimalCD ini bisa anda dapatkan disini.

Setelah Anda mendownload mini.iso dari salah satu link tersebut, bakar/burn file iso tersebut ke CD.

Untuk menginstal, boot komputer Anda menggunakan MinimalCD dan ketik “cli” (perintah baris instalasi) pada prompt. Untuk selanjutnya Anda bisa mengikuti petunjuk dari installer berbasis teks. Setelah sistem dasar terinstal, login dan ketik “sudo takssel” untuk memilih sistem untuk menginstal.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa membacanya disini:

__

Advertisements